2.3.
Pengaruh Inovasi SI terhadap Sosial Budaya dan Pendidikan
Dampak
Teknologi terhadap Budaya
Pada zaman sekarang ini perkembangan
teknologi terasa luar biasa terutama yang berhubungan dengan telekomunikasi dan
informasi ,maka alur informasi pun juga tanpa hambatan. Untuk itu dalam
mengantisipasi pengaruh budaya luar yang negatif atau tidak sesuai dengan
budaya bangsa indonesia , maka diperlukan penyaringan/filter. Sistem
penyaringan bisa dilakukan dengan cara menanamkan nilai – nilai nasionalisme
terhadap anak-anak bangsa sejak dini baik formal maupun non formal , secara
formal tentu di lakukan di sekolah-sekolah sedangkan secara non formal
dilakukan di keluarga dan masyarakat.
Bila tidak dilakukan penyaringan yang
baik dikhawatirkan berdampak buruk terhadap perilaku kehidupan bermasyarakat.
Hal ini dikarenakan, perubahan cepat dalam teknologi informasi telah merubah
budaya sebagian besar masyarakat dunia, terutama yang tinggal di perkotaan.
Masyarakat di seluruh dunia telah mampu berinteraksi dan memperoleh informasi
dalam waktu singkat berkat teknologi komunikasi dan informasi yang mengalami
perkembangan yang sangat luar biasa.
Perubahan budaya lokal dan sosial
akibat revolusi teknologi informasi dan komunikasi ini tidak dapat dibiarkan
dengan begitu saja. Masyarakat perkotaan yang memiliki akses terhadap informasi
merupakan kelompok masyarakat yang langsung terkena pengaruh budaya global itu.
Hal ini akan berdampak dengan tatanan kehidupan beragama dan bermasyarakat.
Karena tidak semua budaya-budaya luar/barat dapat diterima dalam kehidupan
beragama maupun masyarakat.
Bentuk-Bentuk
Pemanfaatan Inovasi dan Teknologi Dalam Bidang Pendidikan
Kegiatan yang harus dilakukan guru
dalam belajar-mengajar, antara lain menyangkut perumusan tujuan, pemilihan
bahan ajar, metoda dan alat bantu mengajar, kegiatan pelajar, evaluasi hasil
belajar, dan manajemen pembelajaran. Beberapa aktifitas tersebut dapat dibantu
dengan menggunakan hasil-hasil inovasi dan teknologi. Banyak sekali wilayah
dalam pendidikan yang berpeluang untuk memanfaatkan hasil-hasil teknologi,
karena berbagai dalam berbagai aspek kehidupan, inovasi dan teknologi sudah
mampu menjawab kebutuhan manusia untuk berkembang. Pemanfaatan inovasi dan
teknologi dalam bidang pendidikan dapat dikategorikan menjadi dua bentuk yaitu
:
a. Penerapan
inovasi dan teknologi pendidikan dalam bentuk sistem Pendidikan
Inovasi dan teknologi pada tataran
ini menjangkau area kebijakan penyelenggaraan proses pendidikan. Contoh dari
pemanfaatan inovasi dan teknologi pelaksanaan sistem Cara Belajar Pelajar Aktif
(CBSA), Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), atau penambahan jam belajar di
sekolah. Pada tataran ini inovasi dan teknologi diterapkan secara massal karena
mengarah pada sistem.
b. Penerapan
inovasi dan teknologi pada media belajar dan mengajar
Inovasi dan teknologi pada tataran
ini menjangkau area yang lebih sempit, yaitu merujuk pada penyelenggaraan
proses pendidikan berupa proses belajar mengajar di sekolah, Penerapan yang
dilakukan adalah elaborasi hasil teknologi sebagai media belajar di sekolah,
misalnya Computer Assisted Instruction (CAI), alat-alat canggih berupa audio
visual, alat-alat permainan edukatif atau media cetak berupa buku-buku, serta
pengadaan alat-alat laboratorium yang berkualitas
c. Penerapan
Inovasi dan teknologi pada konsep pendidikan dan konsep belajar
Inovasi dan teknologi pada tataran
ini menjangkau area konseptual pendidikan, misalnya konsep pendidikan yang
membebaskan yang diungkapkan oleh Paul Freire, konsep Quantum Learning (Potter
dan Hernacki, 2001), Accelerated Learning,
Beberapa area bentuk pemanfaatan teknologi
dan inovasi pendidikan yang akan dilakukan juga terletak pada :
a. Produksi
dan aplikasi media Pendidikan
b. Pelatihan
dan pengembangan profesional Pendidikan
c. Pengelolaan
sistem belajar jarak jauh
d. Teknologi
informasi dalam pendidikan
Daftar Pustaka :
http://blog.ugm.ac.id/2010/07/25/pemanfaaatan-inovasi-dan-teknologi-untuk-pendidikan/
http://dampak-positif-dan-negatif-terhadap-perkembangan-budaya-perbedaan-kebudayaan-dan-peradaban-konsep-nilai-dan-sistem-nilai-budaya/