4.2 INOVASI UTAMA PADA APLIKASI
TRANSPORTASI ONLINE
Ojek
online Bisnis kreatif dan inovatif yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang paling menonjol saat ini adalah Gojek. Yang merupakan industri
baru di Indonesia. Kemampuan melihat peluang usaha dengan memanfaatkan
Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia patut diacungi jempol. Gojek
adalah pelopor bisnis Ekonomi Kreatif berbasis TIK di Indonesia, dalam waktu singkat
perusahaan tersebut mampu menjadi sorotan masyarakat dan pelaku bisnis lainnya,
sebagian kalangan pemerintahan pun memujinya dan menganggap itu sebagai ekonomi
kreatif. Pro dan kontra di kalangan pelaku bisnis pun muncul, penolakan dan
dukungan datang silih berganti, bahkan demo besar-besaran para pengemudi taxi,
bis, mikrolet yang merasa terusik dan dirugikan dengan hadirnya Gojek turut
mewarnai pro dan kontra kehadiran kedua bisnis kreatif tersebut di Indonesia.
Bahkan menteri perhubungan sempat melarang beroperasinya Gojek, namun larangan
tersebut mendapat perlawanan dan tantangan dari berbagai pihak, antara lain
banyaknya protes dari masyarakat, kalangan akademisi, politikus, netizen, dan
tentu saja para pengemudi Gojek itu sendiri merasa keberatan dengan larangan
tersebut, melihat besarnya penolakan terhadap larangan operasi Gojek tersebut
yang dapat berpotensi menimbulkan gejolak sosial yang mengganggu stabilitas
ekonomi dan sosial Presiden turun tangan sehingga akhirnya larangan Menteri
Perhubungan tersebut dibatalkan. Fenomena Gojek sebagai bagian dari industri
kreatif tersebut yang mendapat sorotan dari berbagai pihak, mulai dari
masyarakat umum, kalangan akademisi, profesional, politisi, aparatur
pemerintahan telah menjadi berita skala nasional dan internasional. Kehadiran
Gojek dengan inovasi dan kreativitas bisnisnya yang membawa manfaat luar biasa
bagi banyak pihak khususnya masyarakat pengguna transportasi inilah yang
menginspirasi penulis untuk membuat artikel dengan judul “Ekonomi Kreatif Berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi ala Gojek”.
Referensi :